Tautan-tautan Akses

Topan Rita Renggut Lima Jiwa di Texas


Regu pencari dan penolong masih terus mencari orang-orang yang terperangkap dan terkucil setelah Topan Rita menerjang kawasan pesisir Amerika Serikat di Teluk Meksiko. Korban yang tewas akibat Topan itu kini mencapai tujuh orang.

Hari Senin pihak berwajib di Texas bagian timur mengatakan 5 orang kemungkinan tewas akibat karbon monoksida dari generator listrik yang mereka pakai karena Rita memutuskan aliran listrik di sana. Selain itu seorang tewas ditimpa pohon tumbang di Texas, dan seorang lagi tewas akibat tornado di negarabagian Mississippi.

Sementara itu – Gubernur negarabagian Louisiana, Kathleen Blanco mengatakan, Topan Rita telah menyapu habis beberapa desa nelayan di sana. Rita adalah Topan ke-2 terkuat yang menerjang negarabagian itu dalam waktu empat minggu.

Presiden Bush mengatakan para pejabat masih menunggu laporan tentang kerusakan terhadap berbagai instalasi minyak di kawasan Teluk Meksiko, tetapi menurutnya banyak pipa dan pabrik penyulingan akan kembali bekerja dengan kapasitas penuh pekan depan. Ia menambahkan, Topan itu mengungkapkan kelemahan dalam persediaan minyak negara dan berseru agar kapasitas penyulingan ditingkatkan.

XS
SM
MD
LG