Tautan-tautan Akses

Topan Rita Melemah, Namun Masih Berbahaya


Jawatan Cuaca Amerika menerangkan, Topan Rita melemah namun masih tetap berbahaya apabila nanti menerjang daratan. Disertai angin berkecepatan 230 kilometer per jam, peramal cuaca memperingatkan bahwa badai kategori empat itu masih bisa memperoleh tambahan kekuatan apabila melewati Teluk Meksiko.

Topan ini sedang menuju pesisir negarabagian Texas dan diperhitungkan akan menerjang daratan Jum’at malam atau Sabtu pagi. Banyak jalan raya di Texas yang berjubel dengan mobil ratusan ribu warga yang menyingkir dari kota Galveston, Houston dan kota lain yang terletak pada jalur yang bakal dilintasi Rita.

Topan ini bergerak ke arah barat-barat laut menaikkan kemungkinan ia dapat menimbulkan pukulan kuat pada Louisiana di mana banyak kota masih dalam tahap bangkit dari hantaman Topan Katrina.

Hujan sudah mulai turun di New Orleans dan para pejabat memperingatkan kota itu bisa dilanda banjir lagi jika Rita membawa hujan lebat dan gelombang laut yang tinggi. Gubernur Louisiana Kathleen Blanco menganjurkan semua orang yang berdiam di kawasan pesisir supaya menyingkir.

XS
SM
MD
LG