Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Membatalkan Tuntutannya yang Didukung AS


Uni Eropa telah membatalkan tuntutannya yang didukung AS, agar Badan Energi Atom Internasional, IAEA, melaporkan Iran kepada DK PBB mengenai program nuklirnya yang kontroversial. Langkah diplomatik itu dilakukan hari ini di Wina pada pertemuan darurat dewan gubernur 35 negara IAEA. Langkah itu diambil menyusul proposal Rusia dan Cina kepada UE.

Awal pekan ini, utusan-utusan dari Inggris, Prancis dan Jerman mengedarkan rancangan yang menyerukan untuk segera dilimpahkannya masalah Iran kepada DK PBB. Iran dituduh menyembunyikan usaha-usaha membangun senjata nuklir, tetapi para anggota DK Rusia dan Cina mengecam proposal tsb, bersama-sama dengan sebagian besar negara-negara anggota Non_blok yang duduk di dewan gubernur IAEA.

Rusia mendesak bahwa perundingan Eropa yang sedang berlangsung dengan Tehran agar diberi waktu lebih panjang. Sebuah rancangan yang diedarkan di Wina hari ini, menghapus ancaman terang-terangan untuk melimpahkan masalah Iran kepada DK PBB. Tetapi proposal itu tetap membuka kemungkinan bahwa IAEA akan dapat melimpahkan masalah tsb kepada DK PBB di kemudian hari.

XS
SM
MD
LG