Tautan-tautan Akses

Badai Rita Menguat Dengan Kecepatan Angin 260 Km/Jam


Kekuatan Badai Rita telah meningkat menjadi kategori lima, paling kuat dan dapat menimbulkan kerusakan hebat pada manusia dan harta benda, dan tampaknya akan menghantam pantai Teluk Meksiko di Texas dalam tiga hari.

Badai Rita bergerak ke barat di Teluk Meksiko, disertai angin berkecepatan di atas 260 kilometer per jam. Evakuasi wajib telah dimulai di New Orleans, yang belum lama ini hancur akibat Badai Katrina, dan di kota Galveston yang letaknya rendah, yang hampir hancur akibat badai tahun 1990.

Sementara badai hebat semakin dekat, Presiden Bush hari Rabu menyatakan keadaan darurat di Texas dan Louisiana. Deklarasi itu berarti tersedianya dana federal untuk tanggapan negara bagian dan lokal, dan memberikan mandat kepada Badan Pengelolaan Keadaan Darurat Federal FEMA untuk mengkoordinasi usaha bantuan. Direktur FEMA R. David Paulison dalam jumpa pers hari Rabu mengatakan, bertruk-truk air, es dan makanan sudah dipersiapkan.

Di New Orleans para petugas berusaha memperkuat tanggul yang retak, yang tidak mampu menahan air bah akibat Badai Katrina. New Orleans terletak di sebelah timur jalur Badai Rita, tetapi para pejabat memperingatkan, air hujan setinggi delapan sentimeterpun akan membuat tanggul kewalahan, dan menimbulkan banjir.

XS
SM
MD
LG