Tautan-tautan Akses

Ibrahim Jaafari Bertemu dengan Menteri Pertahanan Inggris John Reid di London


Perdana Menteri Irak Ibrahim Jaafari bertemu dengan Menteri Pertahanan Inggris John Reid di London hari ini untuk membahas bentrokan pekan ini antara Polisi Irak dan tentara Inggris di Basra, Irak Selatan

Sebuah pernyataan dari kantor Jaafari mengataan menteri dalam negeri Irak akan menyelidiki insiden hari Senin itu dan baik pemerintah Irak dan Pemerintah Inggris akan terus melangsungkan hubungan erat.

Beberapa pejabat Irak telah mengecam serangan militer Inggris terhadap sebuah penjara di Basra yang menurut London merupakan usaha untuk membebaskan dua tentara Inggris yang menyamar. Dalam serangan itu, militer Inggris mendapati kedua tentara itu telah dipindahkan ke tahanan milisi setempat.

Kedua tentara yang menyamar itu, yang ditahan karena diduga menembak dua polisi Irak, belakangan diselamatkan di sebuah rumah pribadi.

Di Basra hari ini, setidaknya 300 warga Irak, termasuk polisi, memprotes serangan tersebut. Sejumlah diantaranya menyerukan agar tentara Inggris yang dibebaskan diadili di Irak.

XS
SM
MD
LG