Tautan-tautan Akses

Pejabat Louisiana Dan Texas Evakuasi Penduduk, Sementara Badai Rita Mendekat


Pejabat-pejabat Louisiana dan Texas sudah mulai mengevakuasi penduduk sementara peramal cuaca mengatakan Badai Rita kemungkinan akan menerjang kawasan Gulf Coast Amerika pekan ini juga. Pusat Badai Nasional di Florida hari Selasa mengatakan badai Kategori Dua itu kini berlokasi sekitar 80 kilometer di selatan Key West, Florida, dan bergerak ke barat. Peramal cuaca mengatakan Badai Rita diperkirakan akan bertambah kuat dan bisa menjadi Badai Kategori empat hari Rabu – dengan kecepatan angin 230 kilometer sejam.

Sebelumnya Badai Rita menerjang Florida Keys dengan hujan deras dan angin sekencang 160 kilometer sejam. Peringatan akan terjadinya badai masih diberlakukan di Florida selatan dan sebagian wilayah Kuba. Para peramal cuaca mengatakan ada kemungkinan badai Rita akan menerjang daerah-daerah di kawasan Gulf Coast yang luluh-lantak tiga pekan lalu akibat Badai Katrina.

Sementara itu, Presiden Bush mengatakan ia gembira bahwa Walikota New Orleans Ray Nagin menangguhkan rencana untuk mengizinkan penduduk kembali ke kota yang masih setengah terendam itu tiga pekan setelah Badai Katrina. Di atas kapal Amerika yang turun jangkar di New Orleans hari Selasa, Presiden Bush mengatakan peramal cuaca memberitahu dia mengenai perkembangan terbaru Badai Rita. Presiden Bush kemudian kembali ke Washington.

Para pejabat mengatakan New Orleans kemungkinan akan banjir lagi jika terjadi hujan deras atau peningkatan badai. Presiden Bush mengatakan aset-aset militer akan dipindahkan keluar dari kota itu, dan akan kembali setelah badai berlalu. Angka kematian di keempat negara-bagian yang dilanda Badai Katrina kini mencapai hampir seribu.

XS
SM
MD
LG