Tautan-tautan Akses

Beberapa Bagian di Kota New Orleans Siap Untuk Kembali Berbisnis


Beberapa bagian daerah kota New Orleans yang dilanda topan Katrina siap untuk berbisnis lagi Sabtu ini. Walikota New Orleans Ray Nagin telah menyerukan kepada pemilik bisnis agar kembali ke daerah French Quarter yang terkenal itu dan tiga daerah lain kota untuk menghidupkan kembali kegiatan perekonomian.

Daerah-daerah tadi terletak di sebagian dataran tinggi di kota yang sebagian besar terletak di dataran rendah. Bisnis akan harus beroperasi dengan kondisi yang sulit, dan para pejabat memperingatkan bahwa mungkin hanya ada fasilitas terbatas atau tidak ada listrik atau air minum bersih.

Mulai Senin, hampir 200 ribu penduduk akan diizinkan kembali ke rumah mereka. Kebanyakan rumah di kota itu rusak, dan banyak yang tidak layak dihuni. Kurang dari separuh New Orleans masih tergenang air, tetapi masih terancam bahaya dari robohnya fasilitas aliran listrik, kebocoran gas alam, reruntuhan beracun dan bahan-bahan lain yang berbahaya. Korban jiwa lebih dari 800 orang.

Bush Jumat menyatakan, pemerintah federal dapat mendanai usaha pemulihan besar-besaran tanpa menaikkan pajak, tetapi akan harus mengurangi pengeluaran di bidang lain.

XS
SM
MD
LG