Tautan-tautan Akses

Donald Rumsfeld Desak NATO Memegang Peran Lebih Besar di Afghanistan


Menteri Pertahanan Amerika Donald Rumsfeld mendesak NATO agar memegang peran lebih besar di Afghanistan, sementara pasukan koalisi bersiap-siap untuk memperluas misinya di sana.

Menteri Rumsfeld mengatakan dalam pertemuan Menteri Pertahanan NATO di Berlin hari Selasa, akan bagus sekali kalau NATO mengembangkan kemampuan anti-terorisme. Koalisi yang dipimpin Amerika di Afghanistan sekarang ini bertanggungjawab memberantas terorisme.

Dalam perjalanan ke Berlin, Menteri Rumsfeld mengatakan kepada wartawan, ia akan minta kepada sekutu-sekutu NATO agar melonggarkan pembatasan yang diberlakukan setiap pemerintah terhadap pasukannya. Ia mengatakan, para panglima militer menemui kesulitan mengatur kemana tentara boleh pergi dan apa yang boleh mereka lakukan.

NATO tahun ini berencana memperluas kehadiran pasukannya di Afghanistan, dari wilayah barat dan utara ke wilayah selatan yang lebih berbahaya. Pasukan koalisi yang dipimpin Amerika sekarang ini merondai Afghanistan bagian selatan, mencari al-Qaida dan sisa-sisa Taliban.

XS
SM
MD
LG