Tautan-tautan Akses

Bush Bertemu dengan Jalal Talabani di Gedung Putih Membahas Masa Depan Irak


Pagi ini waktu Washington, Presiden Bush bertemu dengan Presiden Irak, Jalal Talabani di Gedung Putih membahas masa depan Irak dan isu-isu lain sementara kedua pemim-pin itu bersiap-siap untuk menyampaikan pidato dalam sidang Majlis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa.

Pembicaraan di Gedung Putih ini diadakan satu hari sebe-lum sidang Majelis Umum PBB dibuka di kota New York.

Para pejabat menyatakan kedua pemimpin tsb. mungkin akan membahas rancangan UUD Irak dan usaha agar kaum Arab Sunni mendukung rancangan UUD itu pada referendum nasional yang akan dilaksanakan bulan depan.

Sebelumnya,Presiden Talabani mengatakan kepada harian Washington Post, Amerika dapat menarik sampai 50-ribu tentara dari Irak sebellum akhir tahun ini, karena sudah ada cukup pasukan Irak yang terlatih untuk mulai menguasai bagian-bagian wilayah Irak. Tetapi kemudian penasehat Presiden Irak kemudian memberikan penjelasan kepada redaktur Washington Post, hal itu tidak berarti Presiden Talabani mengusulkan jadwal pasti bagi penarikan tentara Amerika.

Sementara itu, pihak berwajib Turki mengatakan, pemberontak Irak telah membebaskan tiga insinyur warga Turki yang mereka culik dua bulan yang lalu.
XS
SM
MD
LG