Tautan-tautan Akses

Ribuan Orang Palestina Menghambur ke Wilayah Permukiman Yahudi di Gaza


Ribuan orang Palestina menghambur ke wilayah permukiman Yahudi yang telah dikosongkan, di jalur Gaza, awal hari ini – Senin – ketika prajurit Israel yang terakhir – meninggalkan wilayah itu mengakhiri 38 tahun pendudukan atas wilayah Palestina itu. Panglima militer Israel untuk wilayah itu – Brigadir Jendral Avi Konchavi dengan kendaraannya melintasi penyebrangan Kissufim, menuju Israel, merampungkan penarikan pasukan Israel selama semalam suntuk.

Tentara menutup pintu gerbang dan menimbunkan beton dan tanah untuk menghambat jalan, yang dulu menjadi jalur utama untuk memasuki tempat-tempat permukiman Yahudi di Gaza. Pemimpin Palestina Mahmud Abbas, menyebut berakhirnya kehadiran Israel di Gaza sebagai hari gembira dan bahagia. Kawanan bersenjata Palestina dari berbagai faksi memasuki tempat-tempat permukiman dan melepaskan tembakan ke udara, sebagai ungkapan kegembiraan sesaat setelah orang-orang Israel meninggalkan tempat itu.

Sebagian orang Palestina mencocokkan tiang-tiang bendera ke tanah, selagi lainny amulai menghancurkan sinagog yang kosong. Kabinet Israel hari Minggu memutuskan tidak akan membongkar semua sinagog di bekas wilayah permukiman mereka, mengubah keputusan sebelumnya, yaitu tentara Israel akan mebongkar sinagog-sinagog mereka.*

XS
SM
MD
LG