Tautan-tautan Akses

Gedung Putih: Pilpres di Mesir Langkah Penting Menuju Pemilu Parlemen Yang Adil


Gedung Putih mengatakan, pemilihan presiden di Mesir adalah langkah penting menuju penyelenggaraan pemilu yang bebas, adil dan multi partai. Seorang jurubicara mengatakan, Presiden Bush menelpon Presiden Mesir Hosni Mubarak untuk menyampaikan ucapan selamat atas kemenangannya dalam pemilihan hari Rabu.

Dikatakan, Gedung Putih berharap, cacat-cacat dalam pemilihan presiden ini akan dibenahi agar tidak terulang dalam pemilihan anggota parlemen bulan November.

Sementara itu, ratusan orang hari Sabtu turun ke jalan di Kairo memprotes kemenangan Mubarak. Capres oposisi Ayman Nour yang mendapat perolehan suara nomor dua terbanyak, dan Noaman Gomaa yang menduduki urutan ketiga, menuduh Partai Demokrat Nasional yang berkuasa melakukan kecurangan.

Para pemantau pemilu dan kelompok-kelompok HAM melaporkan terjadinya penyimpangan dalam pemilihan di Mesir, yang hanya diikuti kurang dari 25 persen orang yang berhak memberikan suara. Media pemerintah Mesir mengatakan, Hosni Mubarak akan dilantik untuk masa jabatan kelima hari Rabu.

XS
SM
MD
LG