Tautan-tautan Akses

Bush Berjanji Bangun Wilayah Yang Terkena Katrina Lebih Makmur Dari Sebelumnya


Presiden Bush berjanji akan membuat wilayah yang hancur akibat Badai Katrina lebih makmur dari sebelumnya, sementara ia berusaha memadamkan kecaman terhadap cara penanganan operasi bantuan. Dalam pidato radio mingguan, Presiden Bush mengatakan, rakyat Amerika telah bersatu untuk membantu saudara-saudara setanah air, seperti yang mereka lakukan setelah serangan teroris 11 September. Ia mengatakan, kemalangan membuat bangkitnya kekuatan rakyat Amerika.

Sementara rakyat Amerika mendukung penuh presiden Bush setelah serangan teroris 11 September, hasil jajak pendapat menunjukkan bahwa sebagian besar rakyat Amerika tidak setuju dengan cara Presiden Bush menangani musibah badai ini. Dalam pidato tanggapannya, wakil Partai Demokrat, Bennie Thompson dari Mississippi, yang negara bagian asalnya mengalami kerusakan hebat akibat Badai Katrina, mengatakan bahwa para korban badai menderita karena pemerintah tidak siap. Ia menambahkan, Presiden Bush tidak belajar dari pengalaman 11 September bahwa Amerika harus siap setiap saat menghadapi bencana.

Sementara itu, tim-tim penolong di New Orleans melanjutkan pencarian dari rumah ke rumah, untuk mengambil mayat para korban Badai Katrina, sementara sebagian korban yang lolos dari maut masih bertahan di kota yang hancur itu. Laksamana Muda Garda Pantai Thad Allen, pejabat tertinggi di lokasi bencana, hari Sabtu mengatakan kepada wartawan, air bah sudah surut, tetapi masih ada tantangan untuk memompa air sampai habis. Ia mengatakan, pihak berwenang tidak tahu berapa mayat yang mungkin ditemukan, atau berapa korban selamat yang masih berada di kota.

Lebih dari 300 orang dikukuhkan tewas di negara bagian Mississippi, Alabama dan Louisiana. Para anggota Zeni Angkatan Darat mengatakan, air banjir di New Orleans akan dapat dikeringkan sekitar pertengahan bulan Oktober. Para pejabat kota terus menganjurkan agar warga kota yang masih bertahan meninggalkan kota itu, karena air banjir yang tergenang terkontaminasi bakteri, air jamban, bangkai membusuk, minyak, bensin dan bahan-bahan beracun lain. Presiden Bush akan melakukan kunjungan ketiga ke wilayah bencana hari ini. Wakil Presiden Dick Cheney bertemu dengan para korban bencana dan para petugas darurat di Texas hari Sabtu.

XS
SM
MD
LG