Tautan-tautan Akses

Bush Menandatangani RUU Tambahan Dana 52 Milyar Dolar Untuk Bantuan Korban Katrina


Presiden Bush Kamis malam telah menandatangani rancangan undang-undang yang menjanjikan tambahan hampir 52 miliar dolar dana bantuan bagi para korban Topan Katrina, dengan mengatakan para korban badai punya kebutuhan mendesak yang harus segera dipenuhi. Presiden mengatakan proses penyaluran dana akan dipermudah supaya warga dapat menerimanya selekas mungkin, termasuk dua ribu dolar bagi tiap keluarga yang selamat dari Topan Katrina. DPR dan Senat Amerika menyetujui dana bantuan itu sebelumnya hari Kamis.

Lebih dari 63 miliar dolar dana bantuan Topan Katrina telah disetujui, meskipun biaya yang diperlukan diperkirakan akan jauh lebih besar. Sementara itu, ribuan polisi dan pasukan Garda Nasional mendatangi rumah-rumah penduduk di New Orleans guna benar-benar mengosongkan kota itu. Pihak berwenang melanjutkan mencari orang-orang yang selamat, 11 hari setelah Katrina menghantam pantai di bagian selatan itu.

Sejumlah warga meninggalkan kota itu secara sukarela, sementara ribuan lainnya tidak mau meninggalkan rumah-rumah mereka meskipun air telah tercemar dan ada kemungkinan terjadinya kebakaran. Pihak berwenang menyatakan bahwa jumlah korban tewas dapat terus bertambah mencapai ribuan orang, meskipun sejauh ini baru kurang dari 200 mayat ditemukan sementara air banjir terus dipompa keluar kota New Orleans.

XS
SM
MD
LG