Tautan-tautan Akses

Dick Cheney Bertolak ke Teluk Meksiko Untuk Memantau Kerusakan Akibat Katrina


Wakil Presiden Dick Cheney bertolak ke pantai teluk Meksiko hari ini untuk memantau langsung kerusakan akibat topan Katrina. Cheney akan mengunjungi lokasi-lokasi bencana di Gulfport, Mississippi, New Orleans dan Baton Rouge, Louisiana. Presiden Bush mengatakan Cheney akan meninjau usaha pemulihan dan mencari jalan untuk menyingkirkan rintangan-rintangan birokratis di daerah-daerah, mulai dari hal perumahan hingga kesehatan masyarakat.

Sementara itu, polisi dan tentara di New Orleans mendatangi rumah penduduk satu per satu dalam upaya untuk membujuk ribuan orang-orang yang selamat dari Topan Katrina agar meninggalkan kota yang hancur dilanda badai itu. Kepala Polisi New Orleans Eddie Compass mengatakan para petugasnya memusatkan perhatian pada orang-orang yang ingin meninggalkan kota dan kemudian akan menangani orang-orang yang menolak untuk mengungsi secara sukarela, dengan menggunakan “ seminimal mungkin kekerasan.”

Walikota New Orleans Ray Nagin mengeluarkan perintah wajib evakuasi Selasa malam baru lalu. Beberapa ribu orang masih berada di kota itu, meskipun terjadi kebakaran di beberapa lokasi dan ancaman kesehatan oleh air banjir yang kotor. Para pejabat mengatakan empat orang mungkin telah meninggal akibat bakteri yang berasal dari air dari daerah yang dilanda Katrina.

XS
SM
MD
LG