Tautan-tautan Akses

Kofi Annan Nyatakan Bertanggungjawab Atas Salah Urus Program Minyak Untuk Pangan


Sekjen PBB Kofi Annan menyatakan tanggungjawab atas salah urus dalam program Minyak Untuk Pangan di Irak, tetapi menambahkan, ia tidak akan mengundurkan diri karena kecaman keras laporan panel penyidik independen.

Kofi Annan mengatakan di depan Dewan Keamanan hari Rabu, ia menerima temuan panel bahwa ia tidak mengawasi program yang penuh korupsi dan salah urus itu secara efektif. Kofi Annan kemudian mengatakan, ia akan melanjutkan tugasnya.

Panel independen yang menyelidiki korupsi dalam program bernilai 64 milyar dolar dari tahun 1996 sampai 2003 itu menyatakan bahwa Kofi Annan tidak melakukan sesuatu yang melanggar etika. Penyidikan juga menemukan tingkah laku yang melanggar hukum, tidak etis dan korup di dalam tubuh PBB.

Ketua tim penyidik Paul Volcker mengatakan bahwa program itu memberikan keleluasaan terlalu besar kepada Irak, dan menyebut prakarsa ini sebagai ‘kerjasama dengan setan.’ Meskipun terjadi korupsi, panel mengatakan, program itu cukup sukses dalam menyediakan nutrisi dan layanan dasar kesehatan untuk rakyat Irak yang menderita akibat sanksi ekonomi terhadap rejim Saddam Hussein.

XS
SM
MD
LG