Tautan-tautan Akses

Kemajuan Besar Dalam Mengeringkan Banjir di New Orleans


Walikota New Orleans mengatakan ia mulai melihat kemajuan “lumayan besar” sementara para teknisi terus memompa air keluar kotanya yang diluluh-lantakkan oleh banjir.

Walikota Ray Nagin hari Selasa mengatakan 60 persen kota masih terendam air, dibandingkan dengan 80 persen pada puncak banjir. Para tehnisi hari Senin memulai memompa air keluar setelah membetulkan lobang besar dalam tanggul yang membuat air mengalir ke kota itu. Ia berjanji akan membangun kembali New Orleans , yang menurut perkiraan para pejabat, 160,000 rumah di kota itu tidak bisa diselamatkan.

Menurut para pejabat, diperlukan waktu tiga bulan untuk mengeringkan new Orleans. Nagin juga menganjurkan kepada beberapa ribu orang yang masih berada di kota itu supaya segera mengungsi karena risiko yang ditimbulkan oleh kebakaran, air tercemar dan nyamuk pembawa penyakit.

Pihak berwenang yang mengevakuasi mayat dari kota itu telah mendirikan kamar mayat yang sangat besar. Para pejabat mengatakan yang tewas mungkin ribuan, tetapi sampai sekarang angkanya 71. Badai Katrina juga memusnahkan daerah-daerah luas di negara-bagian Missisippi yang berdekatan. Angka kematian resmi di sana sekitar 150, tetapi diperkirakan akan bertambah.

XS
SM
MD
LG