Tautan-tautan Akses

Bush Nominasikan John Roberts Sebagai Ketua Mahkamah Agung AS


Presiden Bush telah menominasi hakim Mahkamah Banding, John Roberts menjadi Hakim Ketua Mahkamah Agung. Ia mengumumkan nominasi itu kurang dari 48 jam setelah Hakim Ketua Mahkamah Agung, William Rehnquist meninggal dunia dalam umur 80 tahun.

Bush mengatakan, Roberts memiliki banyak persamaan kualitas dengan Rehnquist dan dulu pernah bekerja untuk Rehnquist. Seterusnya Bush mengatakan, ia berharap konfirmasi Roberts oleh Senat dapat berjalan cepat.

Pada mulanya Roberts sudah dipertimbangkan untuk menggantikan Hakim Anggota Mahkamah Agung, Sandra Day O’Connor yang hendak pensiun. Namun Komisi Hukum Senat menunda sidang dengar pendapat untuk konfirmasinya sampai setidak-tidaknya hari Kamis karena kematian Rehnquist.

Ketua fraksi minoritas Demokrat di Senat, Harry Reid mengatakan sejawat-sejawatnya sefraksi ‘mesti sigap’ dalam mengkaji pencalonan John Roberts. Tetapi ketua fraksi mayoritas Republik, Bill Frisk menyebut John Roberts ‘calon amat baik’ untuk mengetuai Mahkamah tertinggi itu. Ia berharap Senat akan mengkonfirmasi Roberts tepat pada waktu Mahkamah Agung bersidang lagi tanggal 3 Oktober.

XS
SM
MD
LG