Tautan-tautan Akses

Ketua Mahkamah Agung AS Meninggal Dalam Usia 80 Tahun


Ketua Mahkamah Agung Amerika William Rehnquist yang berusia 80 tahun meninggal hari Sabtu di rumahnya di Washington setelah lama mengidap kanker kelenjar gondok. Gedung Putih mengatakan Presiden Bush dan isterinya Laura sangat berduka oleh kematian Rehnquist. Bush akan mengeluarkan pernyataan resmi dalam beberapa jam ini.

Ketua Mahkamah Agung Amerika itu sudah di-diagnosa mengidap kanker kelenjar gondok bulan Oktober. Meskipun berkali-kali ditangani, kesehatannya merosot tajam dalam beberapa hari terakhir. Rehnquist menjadi anggota mahkamah agung sejak awal 1970-an, dan kemudian ditunjuk menjadi Ketua Mahkamah Agung tahun 1986. Salahsatu penampilannya yang terakhir di depan publik adalah bulan Januari di tangga Gedung Kongres, sewaktu dia melantik Presiden Bush untuk yang kedua kalinya sebagai presiden.

Rehnquist memimpin blok konservatif di mahkamah – dengan kecenderungan mendahulukan legalitas hukum negarabagian daripada pemerintah federal. Dua episode paling kontroversial dan bermuatan politik dalam sejarah moderen Amerika terjadi di masa Rehnquist menjadi ketua mahkamah agung. Dia memimpin sidang impeachment atas mantan Presiden Bill Clinton, dan dia memberikan suara di pihak mayoritas dalam kasus “Bush vs Gore” yang memberi kemenangan pada George W. Bush dalam pemilihan presiden yang dipertentangkan sengit tahun 2002.

XS
SM
MD
LG