Tautan-tautan Akses

Ribuan Korban Topan Katrina Terus Diungsikan dari New Orleans


Ribuan korban topan Katrina terus diungsikan dari New Orleans, sementara Presiden Bush menurut rencana Jumat ini akan berangkat untuk meninjau daerah yang diterpa bencana topan itu. Lebih dari 10 ribu orang telah diungsikan dengan bus ke tempat penampungan darurat di stadion olahraga di Kota Houston, Texas, lebih dari 550 Km dari kota New Orleans. Fasilitas itu sekarang telah penuh dan pendatang baru terpaksa dikirim ke kota-kota lain.

Tim pemberi pertolongan di New Orleans terus berusaha mengungsikan ribuan pengungsi lagi di bekas convention center dan sekitarnya, gedung besar tanpa air, listrik atau fasilitas toilet, yang penuh sesak dengan pengungsi yang sangat memerlukan makanan, air dan bantuan lain. Sementara itu, Presiden Bush menurut rencana Jumat ini juga akan meninjau daerah-daerah di Negara-bagian Alabama, Mississippi dan Louisiana yang dilanda bencana.

Presiden mengatakan, mungkin diperlukan bertahun-tahun bagi daerah Teluk Mexico yang dilanda musibah itu untuk pulih kembali, dan menyebutnya sebagai salah satu bencana alam terburuk dalam sejarah Amerika. Presiden juga menyerukan agar masyarakat tenang, sementara tersiar berita timbul kekerasan di antara para korban Katrina yang tidak sempat menyelamatkan diri di New Orleans, dengan persediaan pangan dan air bersih yang menipis.

XS
SM
MD
LG