Tautan-tautan Akses

Bush Siap Mengkooordinasi Usaha Pemulihan Menyusul Serangan Badai Topan Katrina


Usaha-usaha pertolongan terus berlanjut sepanjang pantai Teluk Meksiko sementara Presiden Bush bersiap untuk mengkooordinasikan usaha-usaha pemulihan menyusul serangan Badai Topan Katrina.

Presiden Bush mempersingkat liburannya untuk kembali ke Washington hari ini. Jurubicara Gedung Putih mengatakan, Bush akan memimpin pertemuan agen-agen federal untuk mendiskusikan bantuan terhadap puluhan ribu orang yang kehilangan rumah dan tanpa pangan dan air di sepanjang pantai di Amerika bagian Selatan itu.

Para pejabat di kota new Orleans mengatakan mereka berusaha untuk menghentikan air bah dari sebuah tanggul utama yang bobol. Delapan puluh persen kota tersebut, yang berada di bawah permukaan laut, sudah terendam air.

Polisi mengeluhkan adanya aksi penjarahan di kota dimana supali air bersih dan listriknya telah dihentikan.

Para petugas pertolongan melaporkan melihat beberapa jenazah di New Orleans dan kota-kota pantai lain yang dilanda bencana, tetapi belum ada angka resmi jumlah korban jiwa dikeluarkan.

Di kota dekatnya Biloxi, Mississippi, pihak berweanang mengatakan sedikitnay 30 orang tewas ketika apartemen mereka digempur air bah setinggi sembilan meter yang diakibatkan badai itu.

XS
SM
MD
LG