Tautan-tautan Akses

Pasukan Israel Memindahkan Bagian Terakhir 8500 Pemukim Yahudi dari Wilayah Gaza


Pasukan Israel telah memindahkan bagian terakhir sebanyak 8500 pemukim Yahudi dari wilayah Gaza sesuai dengan rencana Iarael mengakhiri pendudukan selama 38 tahun di wilayah Palestina itu. Pemukim terakhir sekitar 500 penduduk permukiman Netzarim keluar dari sana hari Senin. Tentara Israel bermaksud membongkar basis-basisnya di Gaza pekan depan.

Presiden Bush menyebut penarikan Israel itu ‘langkah berani dan menyakitkan’ bagi Israel namun yang akan membantu menghidupkan lagi harapan untuk mencapai perdamaian Timur Tengah.

Pejabat-pejabat Palestina mengemukakan, Presiden Palestina Mahmoud Abbas hari Senin berbicara lewat telepon dengan perdana menteri Israel, Ariel Sharon. Menurut para pejabat, Abbas menekankan bahwa bangsa Paletina adalah mitra Israel bagi perdamaian.

Sementara itu - pasukan Israel mengambil posisi di luar dua permukiman, Sanur dan Homesh di kawasan Tepi Barat yang direncanakan akan dikosongkan hari Selasa. Sebanyak dua ribu penentang pengosongan diduga kini bertahan di dalam kedua permukiman itu.

XS
SM
MD
LG