Tautan-tautan Akses

Aksi Unjuk Rasa di Iran Dukung Program Nuklir


Ratusan demonstran Iran berkumpul hari Selasa di diluar fasilitas untuk mengubah uranium di Iran tengah, menuntut agar pemerintah mereka melanjutkan program bahan bakar nuklir yang kontroversial itu.

Para demonstran di fasilitas Isfahan – banyak diantaranya mahasiswa Islami – juga mendesak Teheran supaya membatalkan pembicaraan dengan para perunding Eropa yang ingin agar Iran menghentikan aktivitas nuklirnya.

Pekan lalu, Iran mengabaikan para perunding itu dan memulai lagi proses pengubahan uraniumnya, yang menurut Amerika Serikat dan pemerintah –pemerintah Barat lainnya memungkinkan Irak mengembangkan senjata atom.

Iran mengatakan pihaknya hendak memperkaya uranium untuk menggerakkan reaktor nuklir supaya bisa menghasilkan listrik. Pemerintah berpendirian pihaknya berhak berbuat demikian berdasarkan perjanjian Non-Proliferasi Nuklir.

Di Teheran, direktur kebijakan nuklir yang baru di Iran Ali Larijani mengatakan Teheran akan meneruskan riset siklus bahan-bakarnya, sementara melanjutkan pembicaraan dengan Uni Eropa.

XS
SM
MD
LG