Tautan-tautan Akses

Pakistan Uji-coba Rudal Jelajah Pertama Yang Diluncurkan Dari Darat


Pakistan telah menguji-coba rudal jelajah pertama yang diluncurkan dari darat, yang mampu membawa senjata nuklir maupun konvensional. Pihak militer Pakistan mengatakan, rudal yang terbang rendah, yang diberi nama Babur itu, yang memiliki jarak tembak sekitar 500 kilometer diujicoba dengan sukses hari Kamis. Tidak disebut dimana uji-coba itu dilakukan.

Presiden Pervez Musharraf mengatakan, rudal itu lebih unggul dari rudal jelajah Bramos India, yang hanya memiliki jangkauan 290 kilometer. Dia berikrar akan mempertahankan perimbangan militer dengan India baik di bidang persenjataan konvensional maupun non-konvensional, sekalipun India memperoleh persenjataan teknologi tinggi Amerika seperti perangkat rudal Patriot.

Para pejabat Pakistan mengatakan, India tidak diberitahu sebelumnya mengenai uji-coba penembakan itu karena perjanjian yang belum lama tercapai antara kedua negara tidak mencakup rudal jelajah. Belum ada tanggapan dari India, yang secara berkala melakukan uji-coba rudalnya sendiri.

XS
SM
MD
LG