Tautan-tautan Akses

IAEA Keluarkan Resolusi, Desak Iran Hentikan Semua Aktivitas Nuklirnya


Badan Tenaga Atom Internasional, IAEA telah meminta Iran menghentikan semua aktivitas nuklir yang dilanjutkan kembali oleh negara itu pekan ini. Dewan Gubernur badan PBB yang menyetujui resolusi itu dengan suara bulat hari ini menyuarakan keprihatinan serius atas tindakan Iran melanjutkan kembali konversi uranium yang dapat digunakan membuat senjata nuklir.

Namun resolusi IAEA itu yang dirancang oleh Inggris, Prancis dan Jerman tidak menyebut-nyebut hendak mengajukan Iran ke Dewan Keamanan PBB bagi kemungkinan dikenakan sanksi. Resolusi itu juga memerintahkan para inspektur IAEA untuk mem-verifikasi penaatan oleh Iran paling lambat tanggal 3 September. Para pejabat Iran menolak resolusi itu dengan menyebutnya tidak dapat diterima.

Sementara itu, Presiden Bush menyambut baik dengan menyebutnya sebagai “langkah pertama yang positif”, resolusi yang meminta Iran menghentikan aktivitas bahan bakar nuklir negara itu.

Bush mengatakan itu hari ini di peternakannya di Texas, dimana dia bertemu dengan para anggota tim kebijakan pertahanan dan luar negerinya, diantaranya Menteri Pertahanan Donald Rumsfeld dan Menteri Luar Negeri Condoleezza Rice. Presiden Bush mengatakan, resolusi itu, yang dikeluarkan oleh Badan Tenaga Atom Internasional, menunjukkan bahwa dunia bersatu dalam kerangka pendapat bahwa Iran tidak boleh memiliki sarana untuk membuat senjata nuklir.

Selanjutnya Bush mengatakan presiden baru Iran Mahmoud Ahmadinejad kemungkinan akan mendapat visa untuk menghadiri sidang PBB di New York bulan depan. Amerika Serikat sedang menyelidiki tuduhan bahwa Ahmadinejad mungkin terlibat dalam krisis sandera tahun 1979 di Teheran.

XS
SM
MD
LG