Tautan-tautan Akses

Discovery Menyelesaikan Misi “Sukses Luar Biasa”


Pesawat ulang-alik Discovery telah kembali ke Bumi, mengkhiri misi antariksa berawak pertama oleh Amerika sejak pesawat ulang-alik Columbia hancur berantakan tahun 2003. Komandan Discovery Eileen Collins membimbing pesawat ulang-alik itu ke pendaratan mulus di Pangkalan Udara Edwards di negara bagian Kalifornia Selasa pagi.

Ketika berbicara dengan para wartawan di ranch peternakannya di Texas, Presiden Bush mengucapkan selamat kepada para antariksawan dan badan antariksa Amerika, NASA, yang ujar dia sudah mulai meraih kembali rasa percaya orang Amerika.

Para pejabat NASA menggambarkan misi Discovery sukses “luar biasa.” Tetapi mereka tidak bersedia mengatakan bila pesawat-ulang alik itu akan terbang lagi. NASA telah meangguhkan semua penerbangan pesawat ulang-alik hingga para teknisi bisa memastikan mengapa sekeping busa keras terlepas dari tanki bahan bakar bagian luar Discovery sewaktu lepas-landas.

Insiden serupa merusak sayap Columbia dan mengakibatkannya berantakan sewaktu masuk-kembali ke atmofir Bumi tahun 2003. Sekarang ini, Discovery tampaknya tidak mengalami masalah sewaktu meluncur pulang melintasi Pasifik, Pendaratan ini mengakhiri misi dua-pekan di mana para antariksawan untuk pertama kali melakukan reparasi dalam penerbangan pada perisai hawa panas pesawat ulang-alik, dan mengantarkan segala macam perbekalan ke Stasiun Antariksa Internasional.

XS
SM
MD
LG