Tautan-tautan Akses

Serangan Di Seluruh Pelosok Baghdad  Sewaktu Pembicaraan Konstitusi


Seorang pembom bunuh diri menewaskan setidaknya tiga orang Irak dan seorang prajurit Amerika di Baghdad hari Selasa. Ledakan itu melukai paling sedikit 50 orang. Dalam serangan lain hari Selasa, pemberontak menewaskan 10 anggota polisi di berbagai pelosok ibukota.

Sekalipun dengan tindak kekerasan itu, para pemimpin politik Irak bertemu untuk pembicaraan tahap kedua mengenai konstitusi Irak. Rancangan konstitusi itu seyogyanya selesai hari Senin, tetapi berbagai isu seperti federalisme, hak perempuan, peranan Islam dan bahasa resmi negara itu masih belum disepakati. Para pejabat Irak mengatakan mereka yakin batas waktu tersebut bisa terpenuhi.

Menteri Pertahanan Amerika Donald Rumsfeld mengatakan konstitusi itu nantinya bisa menjadi senjata yang sangat ampuh untuk melawan pemberontak. Di Washington, Rumsfeld juga mengatakan senjata-senjata kini masuk ke Irak dari Iran, tetapi tidak jelas apakah pemerintah Iran terlibat dalam penyelundupan senjata itu. Ia menyebutnya “tidak membantu” bahwa pihak Iran mengizinkan senjata melintasi perbatasan.

XS
SM
MD
LG