Tautan-tautan Akses

Pesawat Ulang-Alik Discovery Siap Mendarat Senin Ini


Para awak pesawat ulang-alik Amerika Discovery melakukan persiapan terakhir untuk kembali ke bumi setelah berada di antariksa selama 13 hari. Para peramal cuaca mengatakan cuaca akan baik ketika Discovery mendarat di Pusat Antariksa Kennedy di Florida hari Senin ini.

Ketika mempersiapkan diri hari Ahad para astronot mengecek system pengendalian penerbangan dan memraktekkan pendaratan pada simulator komputer. Komandan pesawat ulang-alik Eileen Collins dan direktur pemasukan ke atmosfir bumi LeRoy Cain mengatakan mereka yakin akan kembali ke bumi dengan selamat.

Pendaratan itu akan dilakukan setelah para astronot melakukan operasi perbaikan yang belum pernah dilakukan sebelumnya, yaitu mereka berjalan di luar pesawat mencabut bahan benjolan pada perut pesawat yang dapat menjadi masalah ketika masuk kembali ke bumi.

Discovery adalah pesawat ulang alik pertama yang terbang sejak Columbia hancur berantakan ketika masuk kembali ke atmosfir bumi lebih dari dua tahun yang lalu menewaskan ketujuh astronotnya.

Masalah serupa yang dihadapi Discovery dan yang dihadapi pesawat sebelumnya ketika peluncuran mengakibatkan kekhawatiran dan para pejabat antariksa Amerika mengatakan armada Discovery akan tidak diterbangkan lagi sebelum masalahnya dapat diperbaiki.

XS
SM
MD
LG