Tautan-tautan Akses

Bush Mengangkat John Bolton Menjadi Duta Besar AS Untuk PBB


Presiden Bush meminta Senat, dan mengangkat John Bolton menjadi duta besar untuk PBB, mengakhiri konfrontasi selama lima bulan dengan para Senator Partai Demokrat yang meragukan kredibilitas John Bolton.

Di Gedung Putih hari Senin, Presiden Bush tampil bersama John Bolton dan mengatakan, John Bolton akan membawa kepemimpinan yang kuat ke PBB. Para Senator Demokrat mengecam putusan Presiden Bush untuk menggunakan wewenang konstitusionalnya untuk mengangkat John Bolton selagi Kongres dalam reses.

Dengan pengangkatan ini, John Bolton dapat menjalankan tugas sampai bulan Januari 2007, pada waktu Kongres yang baru memulai masa tugasnya. Para wakil Partai Demokrat mengatakan, putusan ini akan semakin mengurangi kredibilitas John Bolton di PBB.

Pihak Demokrat telah dua kali menunda pemungutan suara mengenai nominasi John Bolton, di tengah-tengah tuduhan bahwa ia memperlakukan bawahannya secara tidak layak, dan menyalahgunakan data intelijen.

Pihak Partai Republik menyambut gembira pengangkatan ini, dan mengatakan, John Bolton akan membuahkan reformasi yang diperlukan PBB. Sekjen PBB Kofi Annan juga menyambut gembira pengangkatan John Bolton.

XS
SM
MD
LG