Tautan-tautan Akses

Inggris Serukan Iran Jangan Bahayakan Perundingan Nuklir


Inggris mendesak Iran agar jangan mengambil sesuatu tindakan yang dapat membayakan perundingan mengenai program nuklir Teheran. Departemen LN Inggris hari Ahad mengatakan akan “sangat sulit” meneruskan perundingan itu jika Iran melaksanakan ancamannya untuk memulai lagi pekerjaan yang dilakukannya di Fasilitas Konversi Uranium Isfahan.

Sebelumnya, Iran mengatakan pekerjaan di fasilitas ituakan dimulai lagi jika Uni Eropa tidak memenuhi batas waktu hari Senin ini untuk menyerahkan tawaran resminya dalam perundingan itu. Inggris, Prancis dan Jerman berencana akan menawarkan paket insentif ekonomi dan politik kepada Iran kalau Iran menghentikan untuk seterusnya kegiatan peningkatan mutu uraniumnya.

Iran sepakat untuk sementara menghentikan kegiatan itu bulan November yang lalu. Departemen LN Inggris hari Ahad mengatakan Iran akan menerima usul terinci dan lengkap dalam pekan depan ini. AS menuduh Iran berusaha membuat senjata nuklir. Teheran mengatakan program nuklirnya semata-mata untuk tujuan damai.

XS
SM
MD
LG