Tautan-tautan Akses

NASA Melihat Lebih Banyak Masalah Pada Pesawat Ulang-Alik Discovery


Badan Antariksa Amerika, NASA mengatakan para astronot dalam pesawat ulang-alik Discovery mungkin perlu memperbaiki pesawat itu sebelum pesawat kembali pulang ke bumi.

Direktur penerbangan Discovery, Paul Hill hari ini mengatakan bahwa para ahli teknik NASA melihat adanya benjolan kecil pada bahan penutup lapisan pesawat ulang alik itu – yang menutup antara ubin-ubin termal pesawat. Ia mengatakan para ahli teknik NASA sedang berusaha menentukan apakah bahan penutup itu harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum Discovery kembali ke bumi.

Berita mengenai masalah itu timbul sementara para astronot pesawat ulang alik itu membongkar bahan-bahan perbekalan seberat 15 ton di Stasiun Antariksa Internasional.

Para pejabat NASA mengakui bahwa mungkin para astronot dalam Stasiun Antariksa Internasional akan harus melakukan pekerjaan mereka tanpa bantuan pesawat pengorbit Amerika itu.

Pekan lalu, NASA menyatakan tidak akan meluncurkan armada pesawat Discovery lagi setelah sekeping bahan busa terlepas dari tanki bahan bakar luar pesawat itu ketika diluncurkan. Bahan busa yang terlepas telah mengakibatkan bencana pesawat ulang-alik Columbia pada tahun 2003, yang menewaskan ketujuh astronot di dalamnya ketika pesawat memasuki atmosfir bumi.

XS
SM
MD
LG