Tautan-tautan Akses

Lepas Landas Sukses Bagi Pesawat Ulang Alik Discovery


Pesawat ulang alik Discovery melesat ke orbit hari Selasa dalam penerbangan antariksa berawak yang pertama oleh Amerika Serikat sejak bencana Columbia tahun 2003.

Dalam pernyataannya, Presiden Bush berterima kasih kepada Badan Antariksa Amerika karena membuat program pesawat-ulang-alik itu kembali ke jalurnya. Ia mengatakan penerbangan Discovery penting bagi Amerika untuk mempertahankan keunggulannya dalam sains antariksa, penerbangan manusia ke antariksa dan penjelajahan antariksa.

NASA melaporkan gangguan tidak terulang pada meteran bahan bakar yang memaksanya untuk membatalkan upaya peluncuran Discovery sebelumnya awal bulan ini. Tetapi gambar-gambar video menunjukkan ada puing-puing berjatuhan selagi pesawat ulang alik itu melesat ke orbit. Deputi Manager Program Ulang Alik Wayne Hale mengatakan saat ini terlalu dini untuk memastikan apakan puing-puing itu akan menjadi masalah bagi misi tersebut. Ia mengatakan jika memang ada, masalah itu akan diketahui sewaktu inspeksi rutin.

Lebih 100 kamera mendokumentasi peluncuran hari Selasa untuk menjepret seandainya ada tanda akan puing-puing beterbangan seperti yang merusak sayap COLUMBIA sewaktu peluncurannya dua-setengah tahun lalu. Kerusakan itu mengakibatkan Columbia terbakar sewaktu masuk kembali ke atmosfir, menewaskan ketujuh awaknya.

Discovery dan ke tujuh awaknya direncanakan akan berada di antariksa selama 12 hari dan mengantarkan segala macam perbekalan untuk Stasiun Antariksa Internasional.

XS
SM
MD
LG