Tautan-tautan Akses

Australia Berharap Tandatangani Perjanjian Non Agresi Dengan ASEAN


Mentri LN Australia mengatakan ia berharap akan maju lebih dekat lagi untuk ikut dalam pakta non-agresi dengan ASEAN dalam pertemuan pekan ini di Laos. Mentri LN Alexander Downer hari Ahad mengatakan negaranya menginginkan penjelasan dalam pakta itu yang mungkin bertentangan dengan komitmen Canberra dengan Amerika Serikat.

Australia sebelumnya menolak menandatangani perjanjian itu, yang melarang tindak kekerasan dalam menyelesaikan konflik regional, di samping tidak boleh juga mencampuri urusan dalam negri Negara-negara anggota. PM Australia John Howard pernah mengatakan pakta itu tidak sesuai dengan perjanjian pertahanan negaranya dengan Amerika Serikat. Pakta itu dapat pula menghalangi upaya Australia untuk membasmi terorisme regional.

ASEAN telah mensyaratkan kalau Australia ingin diundang ke KTT Asia Timur bulan Desember nanti, Negara itu harus menandatangani terlebih dulu pakta tersebut. KTT bulan Desember nanti akan diikuti oleh anggota-anggota ASEAN di samping Cina, Korea Selatan dan Jepang.

XS
SM
MD
LG