Tautan-tautan Akses

Militan Palestina Menyergap Kendaraan Dekat Perbatasan  Jalur Gaza, Menewaskan Dua Warga Israel


Orang-orang bersenjata Palestina menyergap sebuah kendaraan dekat tempat penyeberangan perbatasan Jalur Gaza, yang menewaskan dua warga Israel dan melukai 4 lainnya.

Pasukan Israel membalas tembakan dan menewaskan seorang diantara mereka setelah serangan itu hari ini di penyeberangan perbatasan Kissufim di Gaza selatan.

Tiga kelompok militan – Jihad Islam, Brigade Syuhada Al Aqsa dan Komite Perlawanan Rakyat – semuanya mengaku sebagai pelaku serangan itu. Kekerasan itu terjadi beberapa jam setelah Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice menemui pemimpin Palestina Mahmud Abbas dan memuji upaya keamanan menjelang rencana penarikan Israel dari Gaza.

Hari Jumat, pasukan Israel menangkap seorang Palestina yang kata mereka berencana hendak meledakkan sebuah bom bunuhdiri di Tel Aviv.

Sementara, PM Israel Ariel Sharon mengatakan Israel akan bereaksi sangat keras jika para tentara atau pemukim Israel diserang oleh para militan Palestina selama penarikan mundur dari Jalur Gaza bulan depan. PM Sharon mengeluarkan peringatan itu hari ini pada permulaan pertemuan mingguan kabinetnya. Ia mengatakan Israel tidak akan mentolerir serangan-serangan yang dilancarkan warga Palestina, serta memperingatkan bahwa pihak militer akan menggunakan cara-cara yang belum pernah digunakan sebelumnya untuk menghentikan mereka.

PM Sharon berbicara beberapa jam setelah para penembak Palestina menyerang pengendara kendaraan bermotor Israel di Gaza, membunuh pasangan warga Israel serta melukai 4 orang lainnya. Para tentara Israel mengejar dua penembak menyusul serangan tersebut di perbatasan Kissufim di selatan Gaza serta membunuh mereka. 3 kelompok militan – Jihad Islam, Brigade Martir al-Aqsa dan Komite Pembeontakan Populer – semuanya telah mengaku bertanggungjawab atas serangan itu.

XS
SM
MD
LG