Tautan-tautan Akses

Sedikitnya 75 Orang Tewas Akibat 3 Ledakan Besar di Sharm el-Sheikh, Mesir


Di Mesir diberitakan jatuh korban lebih banyak dari serangkaian peledakan bom Saptu ini di kota peristirahatan Sharm el-Sheikh, di daerah Laut Merah. Kementerian Kesehatan Mesir mengatakan, sedikitnya 75 orang tewas dan lebih dari 100 lainnya luka ketika terjadi sedikitnya 3 ledakan besar terkoordinasi dalam selang waktu beberapa menit satu sama lain. Sejumlah korban tampaknya turis asing.

Tersangka pengebom bunuh diri menabrakkan sebuah kendaraan penuh bahan peledak menerobos barikade keamanan masuk ke daerah resepsionis hotel besar Sharm el-Sheikh. Kendaraan itu meledak dahsyat, dan mengakibatkan kerusakan berat. Sebuah ledakan bom lainnya di daerah Teluk Naama menewaskan 17 orang di kafe udara terbuka dekat bazaar. Yang menamakan diri Brigade Abdullah Azzam mengaku bertanggungjawab atas serangan hari ini, tetapi kebenaan pernyataan itu belum dikukuhkan.

Presiden Mesir Hosni Mubarak mempersingkat liburannya untuk mengunjungi tempat terjadinya ledakan. Oktober lalu, 34 orang tewas dalam ledakan dekat daerah peristirahatan Taba. Para pejabat Mesir menyatakan serangan yang terjadi sebelumnya disebabkan oleh tindak kekerasan Palestina- Israel.

Sementara itu, AS, PBB dan pemerintah-pemerintah lain mengutuk keras pengeboman di Mesir Sabtu ini. Menlu Rice menyatakan AS dan Mesir akan bekerjasama untuk mengalahkan teroris yang bertanggungjawab atas pengeboman itu, yang dikatakannya bertindak membabi buta, dan tak beriman.

Sekjen PBB Kofi Annan menyatakan penggunaan teror dan kekerasan terhadap orang sipil sama sekali tidak ada alasan atau keyakinan apapun untuk membenarkannya. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, terorisme internasional sedang berusaha untuk menyebarkan ketakutan ke seluruh dunia beradab, dan dia menyerukan kepada semua bangsa agar bekerjasama untuk mengalahkan serangan serupa itu.

Presiden Prancis Jacques Chirac mengulangi lagi tekad mutlak Prancis untuk memerangi terorisme, dan menyatakan serangan terhadap Mesir samasekali tidak bisa dibenarnkan dengan alasan apapun. Komisi Eropa di Brussels menyebut pengeboman itu perbuatan pengecut dan berjanji akan membantu Mesir.

XS
SM
MD
LG