Tautan-tautan Akses

Bush Janjikan Upaya Untuk Mencapai Kerjasama Nuklir Dengan India


Presiden Bush mengatakan ia akan berupaya untuk memungkinkan kerja-sama energi nuklir sipil dengan India – sebagai imbalan atas komitmen India untuk membuka tempat-tempat nuklir sipilnya bagi inspeksi PBB.

Presiden Bush membuat pengumuman itu dalam pernyataan bersama Amerika-Serikat dan India yang dikeluarkan hari Senin setelah pembicaraannya di Gedung Putih dengan Perdana Menteri India Manmohan Singh yang kini berkunjung ke Amerika.

Undang-undang Amerika dewasa ini melarang pemindahan teknologi nuklir ke negara-negara yang, seperti India, tidak ikut dalam Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir. Tetapi pernyataan bersama hari Senin mengutip Presiden Bush mengatakan ia akan bekerja-sama dengan Kongres untuk menyesuaikan undang-undang dan kebijakan Amerika guna mengizinkan kerja-sama dengan New Delhi dimulai.

Menurut pernyataan itu, Perdana Menteri Singh mengatakan India akan meneruskan moratoriumnya mengenai percobaan nuklir dan membuka fasilitas-fasilitas nuklir sipil untuk inspeksi badan tenaga atom PBB.

XS
SM
MD
LG