Tautan-tautan Akses

Mahmoud Abbas Desak Militan Palestina Hentikan Serangan Terhadap Israel


Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas telah mendesak kelompok-kelompok militan agar menghentikan serangan terhadap Israel, sementara tindak kekerasan yang terus berlanjut antara kedua belah pihak mengancam kelangsungan gencatan senjata yang baru berjalan 5 bulan.

Dalam pidato yang disiarkan televisi Palestina, Presiden Abbas menyerukan kepada kelompok-kelompok militan agar menegaskan lagi komitmen mereka pada gencatan senjata.

Sejak hari Kamis, militan Palestina telah menembakkan roket ke sasaran-sasaran di Israel, dan pasukan Israel telah melancarkan serangan udara, melakukan serbuan dan menahan lebih dari 12 tersangka militan. Juga telah terjadi bentrokan antara polisi dan kelompok militan Palestina. Seluruhnya, paling sedikit 12 orang tewas dalam tindak kekerasan tersebut.

Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan hari Sabtu menyerukan kepada kedua belah pihak agar mengusahakan penyelesaian dengan cara perundingan. Pembicaraan yang ditengahi Mesir mengenai tindak kekerasan sekarang ini menurut rencana akan diselenggarakan hari Minggu ini, dan Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice berencana akan mengunjungi wilayah itu pekan depan.

XS
SM
MD
LG