Tautan-tautan Akses

Beijing Tolak Menarik Pernyataan Jenderal Cina Soal Kesiapan Gunakan Senjata Nuklir


Pemerintah Cina menolak untuk menarik kembali pernyataan yang dikeluarkan oleh seorang jenderal terkemuka Cina bahwa negara itu siap menggunakan senjata nuklir terhadap Amerika Serikat, tetapi menyatakan pernyataan itu adalah pendapat pribadi jenderal itu.

Surat-surat kabar kemarin mengutip Mayor Jenderal Angkatan Bersenjata Cina Zhu Chenghu mengatakan jika Amerika menjadi terlibat dalam konflik mengenai Taiwan, Beijing akan menanggapinya dengan senjata nuklir. Jenderal Zhu mengatakan pernyataannya itu adalah pandangannya sendiri dan bukan kebijakan resmi Cina.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika kemarin menyebut pernyataan jenderal itu “sangat tidak bertanggung-jawab,” dan mengatakan dia berharap pernyataan itu tidak mencerminkan pandangan pemerintah Cina.

Kantor berita resmi Cina Xinhua hari ini mengutip pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Cina yang mengatakan bahwa pernyataan Jenderal Zhu adalah “pandangan pribadi.” Pernyataan itu menambahkan bahwa Beijing “tidak akan pernah membiarkan Taiwan merdeka” atau membiarkan siapa pun memisahkan Taiwan dari Cina.

XS
SM
MD
LG