Tautan-tautan Akses

PM Tony Blair: Dunia Harus Menangani Sumber Mendasar Terorisme, Bukan Hanya Mencegahnya


PM Inggris Tony Blair mengatakan, dunia harus menangani sumber mendasar terorisme, bukan hanya mengambil langkah keamanan untuk mencegah serangan mereka. PM Blair mengeluarkan komentar itu dalam wawancara radio Inggris Sabtu ini, dua hari sesudah pengeboman oleh teroris terhadap sistem transport di London. Kata Blair, sumber mendasar terorisme – menurutnya – harus dicabut – untuk membuang yang disebutnya “perbuatan mengerikan tak wajar dari keyakinan sejati Islam”.

Sedikitnya dua keleompok muslim militan yang menyatakan terkait dengan al-Qaida telah mengaku bertanggung-jawab atas pengeboman maut di London baru lalu itu. PM Blair juga memuji rakyat Ingggris atas ketabahan dan ketenangan mereka menghadapi serangan teroris di London tersebut.

Kelompok kedua yang menyatakan berkaitan dengan jaringan teroris al-Qaida telah menyatakan bertanggungjawab atas serangan bom Kamis baru lalu di London, yakni Kelompok Abu Hafs al-Msri . Kelompok itu memasang pernyataan di website Islam berbahasa Arab Sabtu ini, mengucapkan selamat kepada kelompok itu sendiri atas pengeboman terhadap 3 kereta-api bawah tanah dan sebuah bus di pusat kota London. Kelompok itu juga yang menyatakan bertanggungg-ggjawab atas pengeboman kereta-api di Madrid Maret 2004, yang menewaskan hampir 200 orang.

Hanya beberapa jam sesudah pengeboman Kamis baru lalu itu, sebuah kelompok yang menyebut dirinya “Organisasi Rahasia al-Qaida di Eropa” mengeluarkan pernyataan dalam website Islam berbahasa Arab lainnya yang menyatakan bertanggung-jawab atas serangan-serangan tersebut. Pernyataan-pernyataan tersebut belum dikukuhkan kebenarannya.

XS
SM
MD
LG