Tautan-tautan Akses

Ledakan Bom di Kereta Api Bawah Tanah di London Menewaskan 50 Orang


Pihak berwajib di London menyatakan, ledakan-ledakan bom di kereta api bawah tanah dan sebuah bus Kamis kemarin di kota itu menewaskan sedikitnya 50 orang, dan melukai sekitar 700 orang lainnnya. . Komisaris Polisi London Ian Blair mengatakan, kenaikan mendadak jumlah korban jiwa itu karena baru mengetahuinya sementara tim investigasi mencari petunjuk siapa pelaku serangan itu.…. Menteri DN Inggris Charles Clarke mengatakan, pihak berwajib menanggapi serius pernyataan kelompok militan muslim yang mengaku bertanggung jawab atas serangan teroris di London Kamis kemarin. Menteri tidak menutup kemungkinan adanya penjelasan lain.

Kelompok Muslim militan yang sebelumnya tidak dikenal menyatakan diri – Kelompok rahasia jihad al-Qaida di Eropa – mengeluarkan pernyataan dalam website berbahasa Arab sesudah ledakan-ledakan bom tersebut . Pernyataan itu mengatakan, pengeboman itu sebagai hukuman atas peranan Inggris di Irak dan Afganistan. Menteri Luar Negeri Inggris Jack Straw Kamis mengatakan, serangan bom kemarin pagi itu memiliki ciri-ciri serangan terkoordinasi yang dilakukan oleh al-Qaida. Sebagian besar sistem kereta-api bawah tanah yang luas di kota London sudah kembali normal hari ini, yang biasanya mengangkut sekitar 3 juta penumpang setiap hari.

Para pejabat Inggris telah mulai investigasi atas pengeboman terhadap 3 stasiun kereta bawah tanah dan sebuah bus bertingkat dua di London Kamis kemarin, mencari petunjuk untuk menjelaskan bagaimana serangan dilakukan dan oleh siapa. Tim polisi dan agen rahasia Jawatan intelijen domestik Inggris – MI-5 – meneyelidiki di tempat kejadian, untuk mengetahui jenis bom dan bagaimana diledakkannya. Menurut berita yang mengutip tim investigasi mengatakan, bahan peledak tampaknya diledakkan sebagai bom waktu dan tidak dilakukan oleh pengebom bunuh-diri.

Juga diselididki apakah bus itu yang dijadikan sasaran, atau bom meledak prematur ketika dibawa ke tempat lain. Tim juga mempelajari gambar kamera keamanan, yang diharapkan dapat mengetahui siapa yang masuk ke stasiun itu dengan membawa tas berisi bahan peledak dan meninggalkan tempat tanpa membawa bawaannya.

Para dutabesar 26 negara NATO bertemu di Brussels Jumat ini untuk meninjau kembali situasi sesudah terjadinya serangan maut teroris di London Kamis kemarin. Sekjen NATO Jaap de Hoop Scheffer mengutuk pengeboman itu sebagai kejahatan keji dan menekankan agar persekutuan itu lebih bersatu untuk memerangi terorisme. Dia juga menyatakan simpati dan solidaritas kepada rakyat Inggris.

XS
SM
MD
LG