Tautan-tautan Akses

Organisasi Keamanan Asia Tengah Himbau Penarikan Mundur Militer AS


Sebuah organisasi beranggotakan Rusia, Cina dan negara-negara Asia Tengah mendesak Amerika Serikat supaya menetapkan jadwal waktu untuk menarik mundur pangkalan-pangkalannya dari Uzbekistan dan Kyrgyzstan.

Organisasi Kerja-sama Shanghai mengumumkan imbauan tersebut pada awal KTT dua-hari mereka di Kazakhstan. Amerika Serikat mendirikan kedua pangkalan setelah serangan-serangan tanggal 11 September 2001.

Seorang jurubicara Departemen Pertahanan mengatakan kedua pangkalan telah menyediakan kapabilitas penting bagi koalisi pimpinan Amerika dalam perang melawan teror. Ia mengatakan pangkalan di Uzbekistan khususnya bermanfaat untuk misi NATO di Afghanistan.

Negara-negara anggota Organisasi Kerja-sama Shanghai itu juga menyatakan tentangan atas apa yang mereka anggap sebagai campur tangan pihak luar dalam keresahan politik baru-baru ini di Uzbekistan dan Kyrgyzstan.

Aliansi itu juga menerima Iran, India dan Pakistan sebagai pengamat, dan mengumumkan bahwa Cina akan memegang kepresidenan organisasi itu.



XS
SM
MD
LG