Tautan-tautan Akses

Presiden Terpilih Iran Janjikan Pemerintahan Moderat


Presiden terpilih Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan ia akan mengusahakan perdamaian dan kebijakan yang moderat, dan mengatakan ekstremisme tidak akan diterima dalam pemerintahannya.

Dalam pernyataan umumnya yang pertama sejak kemenangannya hari jumat lalu, Ahmadinejad juga mengatakan pemerintahnya akan meneruskan pembicaraan nuklir dengan Uni Eropa. Ia mengatakan pembicaraan itu akan sukses jika Barat mengakui hak Iran untuk mengembangkan energi nuklir untuk tujuan damai. Ia juga mengatakan pemerintahannya tidak mempunyai kebutuhan penting untuk memperbaiki hubungannya dengan Amerika Serikat.

Pemerintahan Bush menuduh Iran secara rahasia berusaha mengembangkan bom atom – tuduhan yang ditolak oleh Teheran. Hari ini Ahmadinejad mengatakan Iran menginginkan tenaga nuklir untuk riset medis dan mendapatkan tenaga listrik.

Di Washington, Menteri Pertahanan Amerika Donald Rumsfeld mengatakan pemilihan hari Jumat itu sebagai “pemilihan bohong-bohongan”, dan mengatakan Ahmadinejad bukanlah “sahabat demokrasi.” Ia juga meramalkan rakyat Iran akhirnya tidak akan menerimanya.

XS
SM
MD
LG