Tautan-tautan Akses

Bush: Tidak Akan Ada Batas Waktu Penarikan Pasukan AS Dari Irak


Kata Presiden Bush tidak akan ada batas waktu bagi penarikan pasukan Amerika dari Irak. Ini dikatakan oleh Presiden Bush setelah bertemu dengan PM Irak Ibrahim al-Jafari di Gedung Putih hari Jumat. Kata Presiden Bush dalam sebuah wawancara pers bersama, kemajuan di Irak tidak mudah dicapai karena adanya pemberontakan berdarah yang terus berlangsung.

Al-Jafari menyatakan terima kasih kepada rakyat Amerika yang telah membela rakyat Irak, dan menambahkan bahwa sekarang bukanlah waktunya untuk mundur.

Sejumlah anggota Kongres Amerika, termasuk beberapa orang dari partai Republik, telah menyerukan ditentukannya batas waktu bagi dimulainya penarikan pasukan Amerika dari Irak.

Sementara itu, Presiden Bush akan memberikan pidato penting hari Selasa untuk memperingati satu tahun penyerahan kedaulatan kepada Irak. Kata jurubicara Gedung Putih, Scott McClellan, Presiden Bush merasa perlu untuk berbicara langsung kepada rakyat Amerika dan kepada pasukan Amerika, karena pemberontakan di Irak telah menantang tekad Amerika dan tekad bangsa Irak. Pol-pol pendapat umum menunjukkan turunnya dukungan rakyat Amerika bagi perang pimpinan Amerika di Irak.

Dari Irak, tentara Amerika melaporkan sedikitnya dua orang marinir tewas dan empat orang tentara lainnya hilang dalam serangan bom mobil yang terjadi Kamis malam. 13 orang tentara lainnya luka-luka dalam serangan yang dilancarkan ketika sebuah konvoi tentara Amerika sedang lewat di kota itu.

Di Baghdad, sebuah perusahaan keamanan inggris yang menjaga bandar udara Irak, telah melancarkan aksi mogok karena adanya sengketa tentang kontrak mereka dengan pemerintah Irak. Karena pemogokan itu, semua penerbangan komersial dari dan ke Baghdad dihentikan.

XS
SM
MD
LG