Tautan-tautan Akses

Condoleezza Rice Kritik Pemilu di Iran


Menteri LN Amerika Condoleezza Rice mengatakan pemilihan presiden Iran gagal sebagai cara untuk melaksanakan demokrasi karena pemimpin-pemimpin agama yang tidak dipilih rakyat memutuskan siapa yang dapat mencalonkan diri.

Ia berbicara setelah calon yang menduduki nomor tiga Mehdi Karroubi menuduh kelompok konservatif bermain curang dalam pemungutan suara hari Jumat itu.

Hasil pemilu itu menunjukkan calon garis keras Mahmoud Ahmadinejad meloncat naik menjadi nomor dua setelah mantan Presiden Ali Akbar Hashemi Rafsanjani. Keduanya akan maju ke babak pemilihan berikutnya, yang akan dilangsungkan 24 Juni nanti.

Menteri LN Rice berbicara di Jerusalem, dimana ia dan PM Israel Ariel Sharon membicarakan rencana Israel melakukan pemarikan pasukannya dari Jalur Gaza. Ia menekankan bahwa pejabat-pejabat Israel dan Palestina perlu bekerjasama dalam penarikan pasukan itu.

Juga hari Ahad, seorang Palestina bersenjata dan seorang tentara Israel tewas dalam tembak menembak di Jalur Gaza. Perjalanan Menteri Rice akan juga membawanya ke Yordania, Mesir, dan Arab Saudi.

XS
SM
MD
LG