Tautan-tautan Akses

Senator AS Nilai Situasi Irak Memburuk, Tidak Membaik


Seorang anggota Senat Amerika terkemuka dari Partai Demokrat mengatakan situasi militer di Irak semakin memburuk, tidak membaik. Pernyataannya ini sangat bertentangan dengan pernyataan-pernyataan dari Pemerintahan Bush.

Dalam wawancara dengan jaringan televisi CBS hari Ahad, Senator Joe Biden mengatakan Irak sekarang menjadi tempat berlatih bagi kaum teroris. Pendapatnya diperkuat oleh anggota Senat dari Partai Republik Chuck Hagel, yang mengatakan kepada majalah US News and World Report bahwa Gedung Putih -mengutip kata-katanya-"terputus sama sekali dengan realitas" mengenai situasi di Irak.

Tetapi Menteri LN Amerika Condoleezza Rice mengatakan kepada Saluran Fox News bahwa telah dicapai banyak kemajuan di Irak. Ia menunjuk pada penangkapan baru-baru ini orang yang diduga pembantu penting Abu Musab al Zarqawi, yang menurut pejabat-pejabat Amerika seorang pemimpin Al Qaida penting di Irak. Menteri Rice juga mengatakan kekuatan dan kecanggihan yang meningkat dari pasukan keamanan Irak lambat laun akan mengurangi bebas koalisi pimpinan Amerika.

XS
SM
MD
LG