Tautan-tautan Akses

AS Dukung Penambahan Jumlah Anggota Tetap Dewan Keamanan PBB


Pemerintahan Bush menyatakan mendukung penambahan “dua atau lebih” anggota tetap baru Dewan Keamanan PBB, satu diantaranya Jepang. Pernyataan itu yang dikeluarkan hari ini oleh Wakil Menteri Luar Negeri urusan Politik Nick Burns merupakan pandangan pemerintah Amerika yang paling rinci saat ini mengenai reformasi struktural PBB.

Jepang termasuk diantara 4 negara yang berusaha memperoleh kursi tetap Dewan Keamanan, bersama India, Brazil dan Jerman. Burns tidak bersedia mengatakan negara mana lagi yang didukung pemerintah Amerika untuk menjadi anggota tetap Dewan Keamanan. Tetapi dia mengatakan Washington juga akan mendukung penambahan dua atau tiga kursi tidak-tetap di Dewan Keamanan. Katanya seyogianya tidak satupun dari anggota baru itu yang memiliki hak veto.

Mengenai isyu terpisah, Burns menekankan bahwa pemerintah Amerika menentang rancangan undang-undang yang diajukan di Kongres yang mewajibkan Amerika Serikat menahan separuh iuran-nya ke PBB jika badan dunia itu tidak melaksanakan reformasi tertentu.

XS
SM
MD
LG