Tautan-tautan Akses

Bom Berkekuatan Tinggi Meledak di Kashmir Bagian India


Sebuah bom berkekuatan tinggi meledak di Kashmir bagian India hari ini, Senin, di sebuah pasar kota yang ramai di selatan Srinagar menewaskan paling sedikit delapan orang dan melukai lebih dari 70 orang lainnya di wilayah yang masih dipersengketakan itu.

Ledakan hebat itu terjadi sesaat sebelum tengah hari, di kota Pulwana, merusak sebuah sekolah, kantor polisi dan banyak toko di wilayah perbelanjaan itu.

Seorang anak laki-laki berusia 14 tahun ada diantara yang tewas, dan delapan orang lainnya menderita luka-luka yang serius. Pihak berwenang mengatakan, bom itu dipasang di sebuah truk yang mengangkut bahan bangunan. Pihak berwajib mendapati mayat yang hangus yang diperkirakan pria yang meledakkan bom itu.

Polisi menembakkan gas air mata kepada khalayak yang marah dan sedih yang datang ke tempat itu di Pulwana untuk mengutuk serangan itu. Kota Pulwana terletak 50 km selatan Srinagar – ibukota musim panas negara bagian Jammu, di India, dan di negara bagian Kashmir.

Lebih dari sepuluh kelompok pemberontak militan Islam berjuang untuk kemerdekaan Kashmir dari India atau panggabunganny adengan Pakistan dalam konflik yang telah menelas korban puluhan ribu jiwa, sejak tahun 1989. India dan Paksitan keduanya meng-klaim kedaultaan atas wilayah di pegunungan Himalaya itu, yang sekarang terbelah di antara kedua negara. Pertentangan pendapat ini telah mencetuskan dua peperangan antara India dan Pakistan, namun prakarsa perdamaian baru-baru ini dapat meredakan ketegangan antara New Delhi dan Islamabad.

Polisi di wilayah Kahsmir yang dikuasai India mengatakan, empat orang tewas terbunuh dan paling sedikti 20 orang lainnya luka-luka akibat bom dalam sebuah mobil yang diledakkan hari ini, Senin, di kota yang ramai.

XS
SM
MD
LG