Tautan-tautan Akses

Beberapa Tokoh Oposisi Ethiopia Dikenai Status Tahanan Rumah


Para pengamat pemilu Ethiopia dari Uni Eropa mengatakan, beberapa politisi oposisi dikenai status tahanan rumah, setelah terjadi protes selama tiga hari, yang terkait dengan pemilu. Ketua misi pengamat Uni Eropa Ana Gomes hari Rabu mengecam penahanan itu, dan menuduh pemerintah Ethiopia menindas politisi oposisi.

Sebelumnya, tentara Ethiopia melepaskan tembakan terhadap para demonstran yang melempari mereka dengan batu di Addis Ababa. Sumber-sumber rumah sakit mengatakan, sekurang-kurangnya 22 orang tewas.

Amerika mendesak pemerintah dan pihak oposisi Ethiopia agar menyelesaikan perbedaan pendapat melalui dialog politik. Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan, satu bagian penting demokrasi adalah berhimpun dengan damai.

Pemerintah Ethiopia telah memberlakukan larangan demo sebulan, dan menyalahkan kelompok oposisi utama Koalisi Bagi Persatuan dan Demokrasi atas terjadinya kerusuhan. Sejak hari Senin, ratusan orang mahasiswa ditahan dalam demonstrasi memprotes hasil awal pemilu, yang menunjukkan kemenangan partai pemerintah. Kelompok-kelompok oposisi mengatakan pemilu dicurangi, dan pihak oposisi menyatakan kemenangan.

XS
SM
MD
LG