Tautan-tautan Akses

Rumsfeld Prihatin Dengan Pembangunan Militer Cina dan Kecam Siaran Al-Jazeera


Menteri Pertahanan AS Donald Rumsfeld menyatakan prihatin mengenai pembangunan kekuatan militer Cina, dengan mengatakan langkah itu dapat mengancam perimbangan keamanan di Asia. Rumsfeld mengatakan pada forum para menteri pertahanan dari 21 negara Sabtu ini, bahwa anggaran militer Cina nomor tiga terbesar di dunia dan yang terbesar di Asia. Tambah Rumsfeld, Cina tampaknya sedang memperluas pasukan misilnya, yang memungkinkannya mencapai sasaran di di banyak bagian dunia.

Menteri Rumsfeld mengatakan kepada para delegasi di Singapura, karena tidak ada negara yang mengancam Cina, tidak ada alasan jelas bagi Cina untuk terus membeli persenjataan bagi kekuatan yang besar dan mahal. Dia juga mengemukakan ambisi nuklir Korea Utara mengancam keamanan dan stabilitas kawasan itu, dan bahwa Cina dapat memberikan sumbangan penting dalam membujuk Pyongyang agar mau kembali ke perundingan 6 negara.

Mengenai stasiun TV Al-Jazeera, Menteri Pertahanan AS Donald Rumsfeld mengatakan, siaran Al-Jazeera di Timur Tengah menonjolkan terorisme dengan menyiarkan gambar-gambar kaum ekstremis yang melakukan pemenggalan kepala dan serangan brutal lainnya. Kata Rumsfeld peliputan oleh Jazeera mengenai penculikan di Irak dan tindak kekerasan lainnya oleh kaum ekstremis di Irak berat sebelah sehingga membuat bahkan warga Amerika yang setia pun yang melihat laporan tv itu akhirnya akan menentang kebijaksanaan AS. Amerika tidak salah , demikian kata Rumsfeld, yang salah – adalah tindakan memenggal kepala orang, kemudian mempublikasikan perbuatan itu lewat tv.

Al-Jazeera memperoleh perhatian luas di dunia Arab sejak serangan terror terhadap AS hampir 4 tahun lalu. TV yang berbasis di Qatar itu telah menyiarkan pesan-pesan dari pemimpin al-Qaida Osama bin Laden dan telah banyak menyiarkan video provokatif yang dikirim oleh kelompok militan. Film serupa itu telah menunjukkan para sandera dibunuh, atau orang asing yang disandera di Irak yang minta supaya jangan dibunuh. Al-Jazeera menyatakan tidak anti-Amerika, laporannya obyektif dan akurat, serta mencerminkan kebenaran.

XS
SM
MD
LG