Tautan-tautan Akses

Amnesty International: Perang Terhadap Teror Gerogoti Standar HAM


Amnesty International mengatakan perang terhadap teror telah menggerogoti standar hak azasi manusia, dan menyalahkan Amerika Serikat atas sebagian besar persoalan.

Dalam laporan tahunan yang dikeluarkan di London hari ini, organisasi itu mengecam Amerika Serikat atas apa yang disebutnya upaya “mendefinisikan kembali penyiksaan” yang dikatakan telah memberi lisensi kepada negara-negara lain untuk melakukan pelanggaran hak azasi tanpa dikenai hukuman.

Organisasi itu menyebut penjara Amerika di Pangkalan Angkatan Laut Guantanamo di Kuba sebagai “gulag masa kini” dan menyerukan agar fasilitas itu ditutup.

Di Washington, jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Richard Boucher berkeras mengatakan Amerika Serikat memiliki kebijakan hak asasi manusia yang dapat dipercaya. Dia menyebut program aktif Amerika Serikat untuk memajukan hak azasi, mendukung demokrasi dan memerangi terorisme.

Amnesty International mengecam PBB yang tidak meminta pertanggungjawaban negara anggotanya yang melakukan pelanggaran di seluruh dunia. Badan itu menghimbau para pemimpin dunia supaya mengutuk tindakan demikian dan menegaskan kembali komitmen pada hak azasi manusia sebagai landasan bagi keamanan bersama.

XS
SM
MD
LG