Tautan-tautan Akses

Karzai Tolak Kritik Amerika  Mengenai Obat Terlarang


Presiden Afghanistan Hamid Karzai menolak kecaman Amerika terhadap program anti obat terlarang pemerintahnya. Ia mengatakan bantuan internasional dalam upaya pembasmian obat terlarang itu hanya "setengah-setengah", dan menuntut Pemerintah Afghanistan diberi kekuasaan yang lebih besar untuk mengendalikan operasi-operasi militer Amerika di negaranya.

Berbicara dengan CNN menjelang pertemuannya di gedung Putih Senin ini dengan Presiden Bush, Presiden Karzai juga mengutuk kematian dua tawanan Afghanistan dalam tahanan Amerika seperti diberitakan. Ia menyerukan hukuman yang keras terhadap mereka yang memperlakukan para tawanan secara tidak semestinya.

Presiden Karzai mengatakan sekurangnya 30% ladang bunga poppi di negaranya telah dimusnahkan dan menyerukan agar masyarakat internasional meningkatkan upaya mereka, jangan hanya menyalahkan Afghanistan.

Dalam sebuah pidato di Boston hari Ahad, Presiden Karzai juga menyayangkan, apa yang menurut pandangannya, sikap dunia yang meninggalkan Afghanistan pada saat kritis sebelum serangan 11 September terhadap Amerika Serikat.

XS
SM
MD
LG